04 June 2017

Capungjarum centil, Agriocnemis femina (Brauer, 1868), Wonosadi

Nama dalam bahasa inggris : White-backed Wisp, Pinhead Midget, Pinhead Wisp, Variable Wisp



Capungjarum centil ini merupakan dokumentasi dari beberapa jenis capung yang ada di kawasan Hutan Adat Wonosadi, Gunung Kidul, Yogyakarta pada tahun 2013 lalu. Mengapa kok capung ini diberi nama capungjarum centil? Ya, capungjarum ini menggunakan nama centil di nama belakangnya mengacu pada nama jenis ini, femina yang diartikan feminim atau centil. Dan, lagi – lagi nama ini keluar dari diskusi panjang para sesupuh di padepokan burung Condong Catur.

Capungjarum dari Keluarga (Famili) Coenagrionidae ini dari yang muda hingga dewasa, jantan dan betina memiliki warna yang cukup menarik. Ditiap fase ada perbedaan warnanya. Tubuh capung jantan didominasi warna hitam dan hijau dengan mata majemuk hitam di bagian atas dan hijau dibagian bawah. Toraks berwarna hijau dengan garis – garis hitam tebal di sisi samping dan atas sintoraksnya, di antaranya terdapat garis hijau tipis. Saat menginjak umur dewasa toraks akan tertutup serbuk putih. 

Abdomen berwarna hijau di sisi bawah dan hitam di sisi atas, ruas 8-10 dan embelan berwarna merah jingga di sisi atasnya. Embelan atas lebih pendek daripada embelan bawah. Kedua sayap transparan, panjang sayap belakang 10 mm, dan pterostigma kedua sayap hitam. Tungkai atas abu-abu dengan tertutup serbuk putih, tungkai bawah berwarna cokelat. 

Individu betina memiliki mata majemuk berwarna coklet di bagian  atas dan hijau di bagian bawah. Sintoraksnya berwarna hijau denga garis hitam tebal di sisi atas, protoraks terdapat tonjolan cuping berbentuk persegi. Abdomen hijau kekuningan di sisi bawah dan hitam di sisi atas, serta ruas 9-10 berwarna oranye. Tubuh betina jenis ini saat fase dewasa akan berwarna merah cerah. 

Jenis ini memiliki kecenderungan terbang di waktu pagi sampai sian hari untuk mencarimakan dan bereproduksi. Umumnya ditemukan hinggap di tanaman sekitar perairan. Tanaman seperti kangkung dan tanaman air lainnya yang menjadi tempat favorite jenis ini. Kemunculannya dapat dilihat sepanjang tahun. Tidak tergantung pada musim. 

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...