24 September 2019

Sikatan biru-muda; Pale Blue Flycatcher, Cyornis unicolor - Erek-erek Jungle Park Ijen

Erek-erek Jungle Pakr, Ijen - Banyuwangi 16 September 2019
Sikatan biru-muda ini awalnya saya identifikasi sebagai Sikatan Ninon (Eumyas indigo) karena warnanya yang dominan biru. Akan tetapi setelah saya perhatikan secara detil dan saya bandingkan dengan yang ada di Field Guide ternyata berbeda. 
Burung dengan nama ilmiah Cyornis unicolor atau yang dalam bahasa inggris Pale Blue Flycatcher ini merupakan burung yang jarang dijumpai. Habitatnya yang berada di ketinggian antara 500 - 1400 mdpl menyenangi lokasi bertengger pada tajuk pohon di hutan primer. 
Individu ini saya jumpai pada saat saya membawa rombongan dari Princenton University yang sedang mengikuti program Bridge Year di Indonesia ke Birding Spot di Erek-erek, Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pale Blue Flycatcher | Male | Nikon 1 v2 | Thamron Lens Manual | 16.09.2019


Dari dalam tempat perembunyian yang disiapkan sebagai tempat mengamati berbagai jenis burung di erek-erek kami dapat menyaksikan berbagai jenis burung yang sedang makan dan bermain. Dengan psosisi kita yang berada di dalam tempat bersembunyi (hide) burung-burung yang kita lihat akan tetap merasa nyaman.
Seperti individu ini saya foto hanya dari jarak 3 meter. Cukup dekat untuk ukuran burung yang bisa dibilang cukup pemalu.
Pale Blue Flycatcher | Male | Nikon 1 v2 | Thamron Lens Manual | 16.09.2019

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...