16 September 2019

Birding singkat dan Paruh Kodok yang pertama

Erek-erek Ijen Jungle Park merupakan spot favorit setiap kali pergi ke Banyuwangi. Pun demikian untuk kali ini. Hari ini (15/09/2019) saya beserta rombongan dari Princenton University melakukan kunjungan ke Erek-erek jungle park. 
Setiap kali saya berkunjung, selalu ada cerita dari Samian selaku guide lokal yang juga menjaga serta merawat lokasi birding istimewa di Jawa Timur. Kunjungan kali ini bisa dibilang sort birding for me,. 
Teman-teman yang dari Princenton merasa capek dan ngantuk setelah malamnya pergi naik ke Kawah Ijen untuk melihat Blue Fire (api biru). Dari perubahan yang terjadi di jadwal kegiatan yang sudah pernah dibuat maka kunjungan ke erek-erek menjadi Sort Birding.
Highlight dari kunjungan yang sangat singkat ini dari catatan saya adalah sebagai berikut:

  1. Scaly Thrush
  2. Sunda (javan) Whistling Thrush
  3. Snowy-browed Flycatcher
  4. Javan Banded Pitta
  5. Indigo Flycatcher
  6. Horsfield's Babbler
  7. Temminck's Babbler
  8. Lesser Sortwing
  9. Ashy Drongo
  10. Whreated Horbill
  11. Black Eagle
  12. Javan Frogmouth
  13. Red Junglefowl
Yang paling utama adalah keceriaan para mahasiswa yang begitu antusias terhadap apa yang mereka lihat di Erek-erek.
Selepas kepulangan rombongan/tim dari erek-erek saya masih stay untuk beberapa saat sekaligus mendokumentasikan Paruh Kodok Jawa atau Javan Frogmouth. 
a pair of Javan Frogmouth at Erek-erek Jungle Park Ijen
Burung yang begitu pandai berkamuflase dengan lingkungan sekitar dimana mereka tinggal. Saya kerapp mencoba untuk mengamati setiap percabangan dengan harapan bisa ketemu yang satu ini. Dan akhirnya masa itu datang juga. Satu pasang Javan Frogmouth tertangap kamera sedang berduaan,. eaaa
a pair of Javan Frogmouth at Erek-erek Jungle Park Ijen

Jika merunut pada dokumentasi yang pernah saya lakukan, species ini menjadi yang pertama bagi saya secara langsung.

Yang ingin melakukan Trip Birdwaching dan fotografi bisa menghubungi nomor di bawah:
+6281319633321
Email: raptor.aap@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...