13 June 2017

Kicuit Hutan, Dendronanthus indicus (Gmelin, 1789) - Cisarua

Motacillidae | Kicuit Hutan | Dendronanthus indicus (Gmelin, 1789) | Forest Wagtail
Cisarua, 27.01.2017

Cisarua, Jawa Barat; Ini adalah perjumpaan saya yang kedua dengan jenis ini. Sebelumnya di Taman Nasional Gunung Merapi tapi tanpa foto. Dan itu menjadi catatan pertama jenis Kicuit Hutan untuk checklist burung jogja. 

Cisarua, 27.01.2017
Kalau yang ini ketemunya di Cisarua, tepatnya di dalam kawasan Taman Safari Indonesia. Membaur dengan jenis burung lainnya. Hanya saja jenis ini berbeda dari yang lain. Berjalan-jalan sendirian atau berpasangan di bagian bukit terbuka di lantai hutan. Menggoyangkan ekor ke kiri dan ke kanan dengan anggun, tidak seperti goyangan vertikal kicuit lain. 
Cisarua, 27.01.2017
Burung berukuran kecil ini merupakan burung pendatang, bukan asli indonesia. Jenis ini berbiaknya jauh di Russia timur-jauh (Ussuriland selatan) sampai China tenggara dan Jepang selatan, kadang di Bukit Cachar (Assam, India) dan ketika musim dingin tiba mereka bermigrasi ke Asia selatan dan tenggara.
Cisarua, 27.01.2017

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...