29 May 2017

Mengenal Wergan Jawa, Si Mungil Endemik Pegunungan Jawa Barat dan Tengah

Javan Fulvetta | Alcippe pyrrhoptera (Bonaparte, 1850)


Wergan Jawa atau Javan Fuvetta, nama ilmiahnya adalah Alcippe pyrrhoptera (Bonaparte, 1850). Burung berwarna coklat hingga merah karat berukuran kecil penghuni pegunungan Jawa Barat hingga Jawa Tengah. 


Ciri-ciri umum; Burung ini berukuran kecil (14 cm), secara keseluruhan berwarna coklat kemerahan. Tubuh bagian atas berwarna merah karat, bagian kepala sedikit keabu-abuan. Tunggir dan penutup ekor atas merah karat; dagu dan tenggorokan putih abu-abu, tersapu kuning tua. Dada dan perut kuning tua, keputih-putihan pada bagian tengah, kuning kecoklatan pada sisi lambung dan penutup ekor bawah. Iris coklat, paruh coklat, kaki coklat.

Suara; burung ini akan mengeluarkan suaranya dalam rombongan besar. Suara panggilan resik yang agak keras dan melodius “ci-ci-ci-ciwiwit” atau “buu-ray-ciy-cit”. (silahkan cek di xeno-canto.org)



Penyebaran dan ras; Wergan Jawa merupakan burung Endemik Jawa bagian barat dan tengah. Untuk ras, jenis ini merupakan jenis tunggal yang tidak memiliki ras atau anak jenis lainnya. Namun seiring berkembangnya dunia penelitian taksonomi kita tidak akan pernah tahu kedepannya akan seperti apa. 

Tempat hidup dan Kebiasaan; seperti yang disebutkan di paragraf atas, jenis ini terbatas di Jawa bagian barat, tercatat ke timur sampai G. Merapi di Jawa Tengah, ditemukan hanya di gunung yang lebih tinggi dari 1.000 m. Kadang-kadang secara lokal sangat umum. Hidup dalam kelompok kecil, di hutan dan pinggir hutan, jarang berbaur dengan jenis lain. Memakan serangga dan mungki beberapa jenis buah.

Ancaman ; Meskipun burung ini dinyatakan sebagai burung yang dilindungi oleh Negara melalui Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1999 dan Undang-undang No.5 tahun 1990 tidak serta merta lolos dari tangan pemburu. Di pasar burung di Jawa Tengah jenis ini banyak diperdagangkan. Menurut para pedagang, biasanya para pembeli sengaja mencari Wergan Jawa untuk dijadikan sebagai Masteran Suara untuk burung kicau lainnya. 
Wergan Jawa yang diperdagangkan disalah satu pasar burung di jawa tengah. Doc. Pribadi


No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...