28 May 2017

Nypa fruticans Tumbuhan Mangrove Yang Kaya Manfaat

Nama lokal:  Nipah, tangkal daon, buyuk, lipa. | Nypa fructicans Wurmb. 


Pohon Nipah atau Nypa fructicans Wurmb., merupakan tanaman Mangrove dari keluarga Arecaceae. Secara umum Palma tanpa batang yang nampak di permukaan tanah karena membentuk rumpun. Batang pohon terdapat di bawah tanah kuat dan menggarpu. Ketinggian nipah sendiri bisa mencapai 9 meter.

Bukan di Indonesia namanya kalau nama pohon di masing-masing daerah itu sama. Sama seperti pohon nipah ini. Di Indonesia pohon nipah mempunyai berbagai nama lokal seperti daon, daonan, nipah, bhunjok, lipa, buyuk (Sunda, Jawa), buyuk (Bali), bhunyok (Madura), bobo (Menado, Ternate, Tidore), boboro (Halmahera), palean, palenei, pelene, pulene, puleanu, pulenu, puleno, pureno, parinan, parenga (Maluku). 

Ciri umum
Secara umum pohon nipah dapat dikenali mulai dari susunan daun yang menyerupai daun kelapa. Panjang tandan atau gagang daun mulai dari 4 hingga 9 meter. Daun berwarna hijau mengkilat dengan susunan daun pinak 100 – 120 daun dan berserbuk pada bagian bawah. Bentuk daun langset dan ujungnya meruncing. Ukuran daun 60 – 130 x 5-8 cm. 

Tandan bunga biseksual tumbuh dari dekat puncak batang pada gagang sepanjang 1-2 meter. Bunga betina membentuk kepala melingkar dengan diameter 25-30 centimeter. Bunga jantan berwarna kuning cerah yang terletak di bawah kepala bunga. Ketika sudah menjadi buah, warna coklat, kaku dan berserat. Pada setiap buah terdapat satu biji berbentuk telur. Ukuran buah rata-rata pada kepala buang bisa mencapai 45 centimeter dengan diameter biji 4-5 cm. 

Loasi Tumbuh
Nipah tumbuh pada kondisi substrat yang halus. Umumnya tumbuh pada bagian tepi atas jalan air. Untuk tumbuh subur nipah memerlukan masukan air tawar tahunan yang tinggi. Jarang sekalii terdapat di luar kawasan zona pantai. Karena sistem tumbuhnya yang berkelompok, nipah memiliki sistem perakaran yang rapat dan kuat terkondisikan dengan baik terhadap perubahan masukan air, dibandingkan dengan sebagian besar jenis tumbuhan mangrove lainnya. Serbu sarinya lengket dan penyerbukan dibantu oleh lalat Drosophila. Buah berserat serta adanya rongga udara pada biji yang dapat membantu penyebaran jenis ini melalui air. 

Manfaat Nipah
Masyarakat indonesia khususnya yang tinggal di kawasan pesisir dan kepulauan umumnya telah mengenal dan telah lebih dulu memanfaatkan pohon nipah untuk kehidupan sehari-hari. Pohon nipah mulai dari daun, batang hingga buah semuanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Dari batang nipah dapat diolah menjadi Sirup yang manis jika bunga diambil pada saat yang tepat. Dapat digunakan untuk memproduksi alkohol dan gula. Selain itu, produksi gula dari pohon nipah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tanaman Tebu. Hal ini disebabkan nipah memiliki kandungan sukrosa yang lebih tinggi. 
Selain buah, masyarakat telah memanfaatkan daun nipah untuk membuat payung, topi, tikar, keranjang dan kertas rokok. Kemudian daun nipah sampai saat ini masih terus dimanfaatkan untuk membuat atap. Pada zaman dulu, daun nipah juga dimanfaatkan sebagai media tulis di samping daun lontar.



No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...