22 May 2017

Kupu-kupu Acraea violae (Fabricius, 1793)


Kupu-kupu ini  ukurannya hampir sama dengan jenis Eurema namun sayapnya lebih memanjang. Memiliki motif bintik-bintik hitam di kedua permukaan sayap.  Tubuhnya berwarna hitam dengan bintik-bintik putih pada torak (dada) dan abdomen (perut) bergelang hitam oranye.
Bagian bawah sayap khususnya pada margin sayap luar terdapat blok garis hitam yang memanjang dari apikal ke bagian bawah dengan titik-titik putih besar yang berjajar di sepanjang garis. Apikal sayap depan berwarna hitam tipis. Sayap depan memanjang, sedangkan sayap belakang membulat. Individu jantan biasanya berwarna lebih cerah daripada betina. 

Kupu-kupu dengan nama inggris Tawny Coster banyak ditemukan di area yang terbuka seperti padang rumut, taman, semak, belukar, sawah, dan kawasan hutan yang memiliki pencahayaan yang tinggi. Jenis ini cenderung menghindari area dengan naungan pohon yang rapat. 

Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh keberadaan pohon maupun tanaman berbuang yang menjadi Inang bagi ulat-ulat mereka. Mengapa keberadaan jenis ini lebih banyak ditemukan di daerah dengan tipe bukaan dan memiliki pencahayaan yang tinggi. 

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...