28 May 2017

Ular Bandotan Macan, Ptyas mucosa

Bandotan Macan | Ptyas mucosa (Linnaeus, 1758) | Dhaman

Bandotan Macan Ptyas mucosa merupakan jenis ular yang umum dari keluarga Colubridae yang ditemukan di wilayah Asia Selatan dan Tenggaran. Untuk ukuran, ular ini bisa tumbuh hingga 2 meter dan terkadang bisa sampai 3 meter. Warna tubuh cukup beragam dari coklat pucat hingga hampir hitam, menyesuaikan kawasan yang menjadi habitat jenis ini tinggal.

Ular ini tersebar mulai dari Afghanistan, Bangladesh, Cina, India, Indonesia, Iran, Kamboja, Laos, Malaysia, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Taiwan, Tailand, Turksmenistan dan Vietnam. Untuk di Indonesia sendiri jenis ini dapat ditemukan di Sumatra dan Jawa. Kemungkinan termasuk Bali. 
Ptyas mucosa yang sudah dewasa umumnya jarang sekali memiliki pemangsa alami selain King Kobra yang tersebar di wilayah yang sama dengan jenis ini. Pun demikian, bukan berarti ular ini aman dari pemangsa yang satu ini. Manusia! 

Ya, manusia merupakan ‘pemangsa’ paling brutal. Di Cina dan Indonesia perburuan jenis ini cukup tinggi untuk diambil kulit dan dagingnya. Perburuan terhadap jenis ini dan jenis lain dari keluarga Colubridae yang tidak terkontrol dikhawatirkan akan membahayakan terhadap populasinya di alam. 

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...