10 May 2017

Mengenal Elang Baza Hitam, Aviceda leuphotes (Dumont,1820)

BAZA HITAM  | Aviceda leuphotes (Dumont,1820)


Burung Elang berukuran kecil 32 cm, mudah dikenali, berwarna hitam dan putih. Jambul hitam panjang dan sering terangkat naik. Sebagian besar bulu hitam, dengan garis lebar putih di pada dada, sayap berbercak putih, dan perut bergaris pita gelap. Pada waktu terbang, sayap yang pendek membulat berpola garis-garis hitam dan bulu sekunder abu-abu (kontras dengan bulu primer yang pucat berujung hitam). Bentuk tubuhnya yang membulat dan panjang mirip kapsul burung ini dijuluku sebagai flying capsul.
Kepakan sayap seperti gagak dan pada saat meluncur sayap terlihat datar. Warna iris coklat gelap, paruh berwarna tanduk dengan sera abu-abu, kaki abu-abu gelap. 

Persebaran 
Tersebar di kawasan Himalaya, India Selatan, Cina Selatan,dan Asia Timur. Pada musim dingin bermigrasi ke selatan melintasi Thailand, Malaysia ke Indonesia, khususnya ke  kawasan Sumatra, Kep. Riau, Jawa dan Bali. Terdiri dari 4 sub-species dengan daerah persebaran; 
  • A. l. wolfei Deignan, 1948 – Sichuan (Cina). 
  • A. l. syama (Hodgson, 1837) – India bagian utara, Timur hingga Tenggara Cina (Guandong, Hainan), kemungkinan juga Myanmar dan Thailand; diperkirakan anak jenis ini berbiak di Laos dan baru-baru ini ditemukan di Bhutan. Bermigrasi ke Thailand, Malaysia, Singapore, Sumatra, dan Jawa. 
  • A. l. leuphotes (Dumont de Sainte Croix, 1820) – Barat daya India dan Sri Lanka (berbiaknya masih dipertanyakan), bermigrasi ke Myanmar dan Thailand hingga ke Indonesia termasuk Jawa dan Bali ; diperkirakan berbiak di indocina.  
  • A. l. andamanica Abdulali & Grubh, 1970 –  Andaman bagian Selatan. South Andaman (Andaman Is).
Tidak banyak perjumpaan untuk jenis ini dalam musim migrasi. Perjumpaan dalam kelompok kecil hanya terlihat di Sumatera. Di Jawa hanya catatan - catatan kecil seperti di Caringin, Sukabumi pada 17 November 1980 dan Maret 1978(S. Van Balen 1984). 

Habitat
Menghuni seluruh kawasan hutan hujan mulai dari bagian bawah hingga mencapai ketinggian 1800 m dpl. Namun demikian, lebih banyak ditemukan mulai dari ketinggian 200-1800 m dpl. Selain hutan hujan, jenis ini juga ditemukan di kawasan hutan industri dengan tipe vegetasi hutan pinus.

Status Migrasi
Terbang dengan kepakan yang cepat dalam kelompok besar pada musim migrasi. Di Thailand >1000 individu  dalam satu kelompok. Merupakan jenis yang melakukan migrasi panjang setiap tahunya (Compelete migrant). Di Indonesia menjadi tidak umum untuk perjumpaan dengan jenis ini. 

Flocking/kelompok baza hitam bisa mencapai ribuan sekali melintas di Khao Dinsor, Chumphon, Thailand


No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...