06 June 2017

Video Burung Kacembang Gadung, Irena puella (Latham, 1790)

Burung Kacembang Gadung atau yang dikenal juga dengan nama Cucak Biru atau Cucak Gadung memang terkenal karena warnanya yang menarik. Kombinasi warna biru dan hitam dengan warna mata merah. Selain itu, burung dengan nama ilmiah Irena puella (Latham, 1790) ini juga terkenal karena suranya yang nyaring. 

Pertama kali saya melihat burung dengan nama inggris Asian Fairy Bluebird ini di Kebun Binatang yang cukup terkenal di Jogja. Saya tidak puas waktu itu karena saya melihatnya di dalam kurungan. bukan di alam bebas. Pada saat itu saya bertekad dan yakin suatu saat saya akan melihat keindahan Kacembang Gadung itu di habitatnya. 

Akhirnya, tahun 2014 saya bisa mengabadikannya lewat video dan beberapa frame foto. 


Saya waktu itu cukup puas dengan beberapa frame foto dan beberapa menit video jenis ini langsung di habitatnya. Tapi apakah saya sudah bosan melihatnya? Saya katakan, tidak!! Saya masih ingin melihatnya tetap lestari. Tidak ada lagi perburuan burung. 

2 comments:

  1. Mantap mas Asman videonya, saya juga pernah lihat burung cantik ini, tapi sayangnya di pasar burung seperti yang mas Asman ceritakan, sedang untuk yang lifer di alam belum pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih bro,. Akhamdulillah saya sudah lihat langsung di hutan,. hehe

      Delete

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...