22 April 2017

Anis Sisik sang 'Pemulung'

Satwaliar umumnya tinggal di hutan dengan kondisi yang bagus. Tapi bagaimana jika habitat mereka telah berubah menjadi tempat pembuangan sampah? atau minimal di hutan yang menjadi tempat tinggal mereka ada spot - spot yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah? 

Anis Sisik atau Zoothera dauma merupakan jenis burung yang sering berburu cacing. Tempat yang biasanya terdapat banyak cacing adalah tempat dengan tingkat kesuburan tanah cukup bagus. Biasanya itu bisa ditemukan di dalam hutan yang tanahnya tertutup oleh daun-daun yang membusuk, dan disitulah biasanya cacing-cacing itu bisa ditemukan. Lalu bagaimana kalau di tempat pembuangan sampah? 


Adalah Tahura R. Soerjo di Batu, Jawa Timur. Lokasi tersebut selain sebagai lokasi wisata alam yang lumayan terkenal karena pemandian air hangatnya, dikalangan pengamat burung dan fotografer satwaliar menjadi lokasi favorit karena kondisi burungnya masih terbilang banyak dan mudah untuk di foto. Di tahura yang lebih dikenal dengan nama Cangar itu ada beberapa spot yang menjadi tempat pembuangan sampah dari warung - warung yang ada di dalam kawasan tersebut. Dan tempat sampah itu justru sering dikunjungi oleh beberapa jenis burung. Salah satunya adalah burung anis dengan nama inggris Scaly Thrush ini. 


Burung ini saya foto tahun 2013 menggunakan kamera pocket andalan, Canon Powershot sx40hs. Burung ini terlihat seperti 'pemulung' yang sedang mengais dan memilah sampah yang bisa menghasilkan sesuatu. Tentu saja kalau burung Anis ini sudah pasti yang dicari adalah Cacing makanan kesukaannya. 




No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...