24 April 2017

Ular Gadung (Trimeresurus albolabris)




Merupakan jenis Ular dengan bisa yang tinggi. Menurut buku 107+ Ular Indonesia Karya Riza Marlon ular jenis ini cukup agresif. Jika kita tidak paham dengan sifat ular terutama terhadap tingkat Bisanya lebih baik dihindari saja jika bertemu dengan ular ini. Ular dengan nama Bangga Laut atau Ular Gadung atau Ular Merah ini bisa menjadi agresif dan menyerang secara tiba-tiba. 


Persebaran jenis ini biasanya berada di dataran rendah dengan area terbuka yang terpapar matahari. Daerah bersemak seperti kebun, padang rumput. Terkadang bisa ditemukan hingga ketinggian 1200 m dpl. 


Jenis ular dengan nama inggris White-lipped Pitviper ini makanan utamanya adalah Katak, Mamalia kecil, kadal dan Burung. Sekali berbiak ular ini dapat mengeluarkan anak hingga 25 ekor. 


Pengalaman saya ketika bertemu dengan ular ini saya selalu menjaga jarak. Tidak pernah memaksakan harus mendapatkan foto bagus dengan peralatan seadanya. Untuk foto ini saya diuntungkan karena menggunakan kamera prosumer yang memiliki zoom lumayan tinggi. Karena jika saya menggunakan kamera DSLR, apalagi hanya menggunakan lensa kit, saya jamin saya tidak aka dapat gambar yang lumayan bagus. 

Catatan untuk jenis ini: Jangan sekali-sekali berani mengambil resiko dengan ular berbisa tinggi. 

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...