13 February 2023

JATIMULYO - Oriental Honey-buzzard, Pernis ptilohynchus, Sikep-madu asia

Jatimulyo, 10 February 2023

Ini merupakan foto kami sewaktu pengamatan burung bersama di Desa Ramah Burung, Jatimulyo, Kepanewon Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Burung elang tersebut kami amati sedang mencoba untuk mengambil sarang lebah madu yang menjadi makanan utamanya. 

Mungkin karena posisi kami persis di bawah pohon yang menjadi sarang lebah sehingga burung ini hanya berputar-putar di atas pohon.

1. Elang ini teramati masuk ke sela-sela pepohonan dengan gesit.


2. Dari garis hitam pada ujung sayap dan pola garis pada ekor dapat diketahui kalau individu ini merupakan burung Jantan.


3. Burung sikep-madu asia ini diketahui memang sudah terpantau sejak lama di desa jatimulyo, khususnya di pedukuhan Gunungkelir. Hal ini dikarenakan di lokasi tersebut ada koloni lebah madu yang memanfaatkan pohon besar untuk membuat sarang.


Difoto menggunakan Nikon 1v2 dan lensa sigma 150-500mm. Yang ingin melakukan pengamatan atau motret burung liar di Jatimulyo boleh hubungi saya di email raptor.aap@gmail.com 


No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...