19 February 2023

Kangkareng perut-putih - Oriental Pied-Hornbill - Anthracoceros albirostris #AlasPurwo

Alas Purwo, 13 February 2023


Burung Kangkareng perut-putih dengan nama ilmiah Anthracoceros albirostris ini salah satu jenis burung keluarga enggang yang bisa ditemukan di Pulau Jawa. Burung ini saya foto di Taman Nasional Alas Purwo pada kunjungan saya tanggal 13 February 2023 yang lalu. Memang, Taman Nasional di ujung timur Pulau Jawa ini menjadi habitat paling timur bagi burung ini.


Saya ketemu setidaknya 3 (tiga) individu yang terdiri dari dua dewasa dan satu masih muda (juvenile) seperti yang tampak pada foto di atas ini. Cirinya ada pada bagian tonjolan di paruh atas yang belum terlihat menyembul jelas seperti pada foto pertama. Dengan perilaku induk yang tidak pernah jauh dari individu muda ini diperkirakan burung ini masih belum lama baru keluar dari pohon sarang.


O iya, jenis burung dari keluarga Bucerotidae merupakan burung yang perilaku berbiaknya cukup unik. Induk betina akan mengurung diri di dalam lubang kayu yang dijadikan sebagai sarang. Lubang yang digunakan sebagai pintu untuk keluar masuk ditutupnya dengan tanah dan hanya menyisakan sedikit lubang sebagai akses burung jantan mengirim makanan. Proses itu cukup lama dan burung betina sangat bergantung pada burung jantan. Untuk itu alasan kenapa keberhasilan proses berkembangbiak burung ini sangat bergantung pada burung jantan. Jika burung jantan mati pada masa berbiak maka burung betina dan anak juga akan mati di dalam sarangnya karena tidak mendapatkan suplay makanan dari luar. Dan itu, menurut kawan yang penelitian burung dari keluarga Bucerotidae, sering terjadi.

Maka, segala tindakan perburuan dengan alasan apapun tidak dapat dibenarkan!


Alhamdulillah, populasi burung ini di Taman Nasional Alas Purwo masih dapat berkembang biak dengan baik. Jauh dari ancaman perburuan. 

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...