17 February 2019

White-faced Partridge, Puyuh Gonggong Biasa, #342

White-faced Partridge juga disebut dengan nama Gray-breasted Partridge. Dalam penamaan jenis-jenis burung di Indonesia disebut dengan nama Puyuh Gonggong Biasa atau Arborophila orientalis, burung puyuh endemik yang hanya ditemukan di dataran tinggi Jawa bagian Timur. Itu pun tidak semua dataran tinggi memiliki jenis ini.

Perilakunya yang sensitif mungkin menjadi satu dari sekian banyak sebab burung ini susah dijumpai di alam.

Beberapa waktu lalu berkesempatan melihat burung ini. Sebuah kesempatan langka melihat si endemik yang ginuk-ginuk ini langsung di habitatnya. Ini merupakan catatan langka bagi saya dan menjadi perjumpaan pertama bagi saya dan menjadi jenis ke 342 (yang tercatat). 

Satu hari penuh saya dan teman-temang nyanggongin tempat burung bermuka putih itu, dan Alkhamdulillah ketemu sembilan individu. Hanya saja yang kelompok besar datangnya di waktu sore, pas sudah gelap jadi ndak bisa dapat gambar yang bagus.

Terima kasih Kang Sam dan kawan-kawan yang sudah menjaga keberadaan puyuh endemik kebanggaan kita bersama. Semoga tetap lestari!!

01 Februari 2019 #342

01 Februari 2019 #342

01 Februari 2019 #342

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...