20 February 2022

Burung Bubut jawa (Centropus nigrorufus); Pengunjung Rutin Halaman Belakang Rumah

 

Sepasang burung Bubut Jawa (Centropus nigrorufus) telah menjadi pengunjung rutin di halaman (kebun) belakang rumah kami. Awalnya satu, kemudian menjadi dua individu. Kedatangannya bisa diperkirakan karena memang sudah menjadi rutinitas mereka. Kapan burung ini akan melintas sudah bisa diperkirakan.

Kebun belakang rumah, bahkan bisa disebut pekarangan rumah kami sudah menjadi daerah jelajah burung dengan suara khas ini. Sebelumnya burung Kadalan birah juga sering singgah di pekarangan rumah kami. Ini menjadi kesempatan langka bagi kami dan sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa kami dokumentasikan.
Dalam kunjungan terakhirnya, sebelum saya pergi ke Lampung, saya berhasil mendokumentasikan burung ini menggunakan smartphone Redmi Note 9 yang saya sambungkan ke spotting scope (monokuler) Kowa TSN 4. Ada beberapa file foto dan video. Untuk video nanti akan saya posting di Youtube sehingga bisa dinikmati oleh kawan-kawan semua.

Perilakunya yang cenderung beraktivitas di tajuk bawah ini memudahkan saya waktu mendokumentasikannya. Sewaktu saya membuat dokumentasi burung ini saya perkirakan hampir 30 menit mereka beraktivitas di satu lokasi. Satu individu asik menelisik bulu-bulunya, yang satu lagi menyingkap daun-daun berharap ada serangga yang bisa dia santap.

Semoga saja burung yang saat ini statusnya terancam punah ini dapat terus berkembang dan bisa lestari sehingga generasi yang akan datang masih bisa melihatnya di alam liar. Bukan hanya di foto dan video.

KP. 20.020.22

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...