12 August 2021

Cinenen Merah, Rufous-tailed Tailorbird, Orthotomus sireceus

Sumatera, Juli 2021 - Perjumpaan dengan Cinene Merah (Orthotomus sericeus) di Sumatera menjadi catatan pertama saya. Karena memang jarang sekali pengamatan burung di Sumatera. Sebelumya saya pernah melihat jenis ini di Kalimantan Timur tapi tidak berhasil memotretnya.

Kali ini saya berhasil mendokumentasikan burung dengan nama inggris Rufous-tailed Tailorbird ini. Tak hanya dewasanya yang berhasil saya foto. Anakannya pun berhasil saya foto. Kebetulan sewaktu menemukan burung ini di Desa Segamai, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau ini si induk sedang mengajari anaknya mencari makan.

Sangat menarik! si anak burung berekor merah karat ini mengikuti pergerakan dari induknya yang terus bersuara sambul berpindah dari ranting satu ke ranting yang lain. Cukup lama saya mengawasi gerak-gerik dari burung dari keluarga Cisticolidae ini.

Individu dewasa dapat dibedakan warna di kepala yang merah

Anakan warna merah di kepala belum terlihat

Meski kepala belum terlihat merah, ciri warna pada ekor sudah nampak

Warna merah pada ekor di individu anak bisa digunakan sebagai kunci identifikasi Cinenen Merah


No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...