20 November 2019

Video Emprit Kaji; Bondol Oto-hitam di Sawah Belakang Rumah

Hari minggu biasa dibuat santai di rumah. Pun demikian pada tanggal 17 Nopember 2019 lalu. Apalagi sekarang sedang senang mainan Bonsai Kelapa. Penginnya pasti membuat bakalan bonsai. 
Istri saya, kebetulan yang juga (mantan) pengamat burung ini beberapa hari kebelakang sering mengamatu burung bondol yang ada di sawah belakang rumah. Dia mengidentifikasi ada sekelompok Bondol Oto-hitam (Lonchura ferruginosa). Oto hitam ini biasanya hanya kami temukan di kawasan sawah yang dekat dengan pantai. Selatan desa kami.
Burung bondol endemik Jawa dan Bali ini memang cukup menarik. Jumlah individu (populasi) di beberapa tempat juga cukup sedikit. Bahkan burung ini beberapa waktu sempat jadi bahasan diskusi teman-teman. 
Saya pun tak mau ketinggalan untuk memotretnya. Kebetulan juga belum punya koleksi fotonya. Nah, kalau video ini hanya selingan saja. Footage-nya cuma satu karena keburu kamera diminta sama Junior.



No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...