31 May 2019

Beruntung Bisa Bertemu Simpai Liar di Hutan

Simpai (Presbytis melalopos) | Kota Agung, Lampung | 2018


Simpai atau orang lokal sering menyebutnya sebagai Monyet Putih merupakan spesies primata dari family Cercopithecidae yang terancam punah. IUCN Redlist, sebuah badan konservasi dunia memasukan jenis ini dalam kategori Genting (Endangered). Status populasinya di alam terus mengalami penurunan yang diakibatkan oleh Perburuan dan semakin menyempitnya hutan yang menjadi habitatnya.

Semenjak bekerja di dunia konservasi dari tahun 2002 hingga saat ini saya baru menemukan dan mengabadikannya langsung di alam hanya satu kali ini, di tahun 2018, tepatnya di daerah Kota Agung Lampung. Primata dengan nama ilmiah/latin Presbytis melalopos merupakan salah satu jenis primata yang digemari oleh para kolektor sebagai satwa peliharaan. Maka tak heran jika sampai saat ini perburuan ilegal di alam untuk memenuhi kebutuhan pasar masih terus terjadi. 

Maka, bagi saya menemukan Simpai liar di hutan adalah suatu keberuntungan. Apalagi bisa mendokumentasikan langsung. Terima kasih kepada pihak yang telah melibatkan saya dalam kegiatan susur hutan, dan terima kasih kepada Mas Kir yang sudah memijammi saya Canon Powershot sx50hs yang yahud.

No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...