30 November 2017

Kancilan Flores, Bare-throated Whistler, Pachycephala nudigula Hartert, 1897

Burung Kancilan Flores atau Bare-throated Whistler merupakan burung kicau yang memiliki suara sangat khas. Suaranya membuat para penggemar burung kicau terpincut. Suaranya konstan dan melengking. Kalau sudah manggung, burung ini bisa sampai berjam - jam. Khususnya diwaktu fajar. 

Burun dengan nama ilmiah Pachycephala nudigula Hartert, 1897 ini dikenal oleh warga masyarakat Kebupaten Ende, Nusa Tenggara Timur dengan nama Garugiwa. Burung Garugiwa sendiri diyakini oleh masyarakat Ende khususnya di daerah Kelimutu sebagai Burung Arwah. Bahwa antara Garugiwa dan Danau Arwah (Kelimutu) memiliki keterkaitan yang sangat erat. 

Pada kunjungan saya yang kedua ke tanah Ende saya punya tekad harus ketemu dan mendokumentasikan burung yang memiliki ciri khas warna merah pada bagian tenggorokan ini. Dan, Alkamdulillah Gusti Allah masih memberi kesempatan saya untuk melihat keagunggan ciptaanNya. 





Dan ini adalah suaranya, Suaranya yang pasti bikin para kicau mania terpincut. 


No comments:

Post a Comment

Sunda Scops-owl, Otus lempijii from Baraja Harjosari Village, Lampung

Sunda Scops-owl (Otus lempijii) , from night birdwatching activities in buffer villages of Way Kambas National Park, Lampung. Braja Harjosar...